• Jelajahi

    Copyright © 2015-Suara IDN
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Sholat Apa Saja Yang Boleh Dikerjakan Sebelum dan Sesudah Sholat Fardhu

    Friday, March 17, 2023, March 17, 2023 WIB Last Updated 2023-03-18T03:38:54Z

     


     

    Sholat adalah salah satu ibadah wajib dalam agama Islam yang dilakukan oleh setiap muslim. Sholat dilakukan dengan cara membaca doa dan gerakan-gerakan tertentu yang disebut rukun-rukun sholat. Rukun-rukun sholat tersebut antara lain berdiri, ruku', sujud, duduk di antara dua sujud, dan membaca doa.

     

    Sholat memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Selain itu, sholat juga merupakan bentuk penghambaan dan penyerahan diri kepada Allah SWT serta sebagai sarana untuk memperbaiki akhlak dan meningkatkan kesadaran akan keberadaan Allah SWT.

     

    Sholat juga memiliki beberapa jenis, di antaranya sholat fardhu (wajib) yang harus dilakukan setiap hari sebanyak lima kali, sholat sunnah (yang dianjurkan), sholat jumat, dan sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

     

    Berikut adalah beberapa contoh sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat fardhu:

    1. Sholat Sunnah sebelum Sholat Fardhu:
    • Sholat Sunnah Fajar: Dilakukan sebelum sholat fardhu subuh dengan dua rakaat.
    • Sholat Sunnah Dhuha: Dilakukan beberapa saat setelah matahari terbit, sekitar 15-20 menit setelah matahari terbit. Dilakukan dengan dua rakaat.
    • Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid: Dilakukan ketika seorang muslim memasuki masjid. Dilakukan dengan dua rakaat.
    • Sholat Sunnah Istikharah: Dilakukan ketika seorang muslim ingin meminta petunjuk Allah SWT dalam suatu perkara. Dilakukan dengan dua rakaat.
    1. Sholat Sunnah sesudah Sholat Fardhu:
    • Sholat Sunnah Dhuha: Dilakukan setelah matahari terbit beberapa saat, sekitar 15-20 menit setelah matahari terbit. Dilakukan dengan dua rakaat.
    • Sholat Sunnah Rawatib: Dilakukan setelah sholat fardhu, yaitu dua rakaat setelah sholat subuh dan empat rakaat setelah sholat dhuhur.
    • Sholat Sunnah Tasbih: Dilakukan setelah sholat maghrib dengan empat rakaat dan dilakukan dengan membaca tasbih setelah tiap rakaat.
    • Sholat Sunnah Tarawih: Dilakukan selama bulan Ramadan setelah sholat isya. Dilakukan dengan beberapa rakaat (biasanya 8, 12, atau 20 rakaat).

    Semua sholat sunnah di atas tidak wajib dilakukan, namun sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk melakukannya sebagai bentuk pengagungan dan peningkatan ibadah kepada Allah SWT.


     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan

    Iklan

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS